8b_Menjawab Pertanyaan Tentang Analisis Data Bab 6



Salamm Sobat Uswatun khasanah , selamat berjumpa dimana saat ini Akan menyajikan jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tentang Analisis Data Bab 6 buku informatika

1.Apakah tujuan kmu mempelajari analisis data?

Supaya mengetahui, mengolah dan menganalisis sekumpulan data menampilkanya dalam berbagai presentasi (numerik, teks, gambar) dengan menggunakan tools pengolah lembar kerja.

2.Bagaimana mengolah data menjadi sebuah                   informasi yang lebih berguna?

Tanpa diolah, data tidak akan menghasilkan informasi yang berguna. Pengolahan data dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan bantuan komputer.

3.Apakah kalian tahu bahwa data itu banyak                   jenisnya?Jelaskan!

Macam data ada dua yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah data yang dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat, dan gambar (skoring:baik sekali:4,baik:3,kurang baik :2 dan TDK baik :1). Data kuantitatif dibagi menjadi dua yaitu data diskrit atau nominal dan data kontinum.

4.Apakah yg dimaksud dg proses analisis data?

Secara sederhana, analisis data adalah proses pengumpulan dan pengorganisasian data untuk menarik kesimpulan yang berguna dari data tersebut. Proses analisis data menggunakan penalaran yang runtut, masuk akal, dan logis.

6.Coba kamu jelaskan versi pemikiranmu ap it data?

Sekumpulan karakter (angka/deskripsi) yang dikumpulkan dan diolah untuk berbagai macam tujuan. Termasuk analisis.

7.Sebutkan satuan ukuran data yg kamu ketahui?

MB, GB.

8.Apa itu analisis data?

Analisis data ialah untuk menginterpretasi yaitu menemukan makna dalam data sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat digunakan untuk mengambil keputusan yang tepat.

9.Apa itu interpretasi data?

Interpretasi adalah memberikan kesan, pendapat, atau pandangan terhadap sesuatu; interpretasi juga dapat berarti menafsirkan data sehingga data menjadi bermakna.

10.Sebutkan 5 perkakas pengolah lembar kerja?

 –Bagian 1 menunjukkan Quick Access Toolbar.Bagian ini menampilkan menu / fitur yg sering digunakan. – Bagian 2 menunjukkan Ribbon. disini, kita dpt mengatur banyak hal terkait aplikasi Microsoft Excel. –Bagian 3 menunjukkan formula Bar.disni terdapat alamat cellyang aktif beserta isi dan formula yg digunakan. –Bagian 4 menunjukkan warksheet yg terdiri atas kumpulan Cell, yg terbentuk dari baris / rowdan kolom / colum. Dibagian ini, kalian dpt melakukan pengolahan data melalu formula. –Bagian 5 menunjukkan kumpulan worksheet dlm 1 fire / warkbook bisa terdpt banyak worksheet sekaligus.

11.Sebutkan 5 pengolahan data dasar?

–fungsi dasar.–DATE Function.–Current Date and Time.–HOUR, MINUTE, SECOND Function.–TIME FUCTION.

12.Apa yg dimaksud dg Duplikasi data?

perulangan, perangkapan atau keadaan rangkap. 

13.Apa yg dimaksud dg worksheet?                         

Worksheet adalah kumpulan cells, yg terbentuk dari baris / row dan kolom / colom.

14.Bagaimana cara melakukan pengurutan / sorting         data?   

Kalian dapat melakukan pengurutan / sorting data.Pengurutan dpt dilakukan untuk data angka maupun teks. Pengurutan juga dapat dilakukan berdasarkan satu / beberapa kondisi.

15.Bagaimana cara melakukan filtering /                             penyaringan data tertentu?

Kalian dpt melakukan filtering atau penyaringan data tertentu.Fitur ini dpt digunakan apabila data yang ingin ditampilkan memenuhi kriteria tertentu saja tanpa menghapus data yang lainnya.

16.Apa itu validasi data (data validation)?

Validasi data (data validation) adalah kegiatan untuk mengecek kebenaran dari data yg dimasukkan ke dlm lembar kerja.

17.Apa yg dimaksud dg share data?

 Share data adalah data hasil pengolahan di worksheet dpt dibagikan secara letak (print) / disalin ke aplikasi lainya (copy).

18.Apa yg dimaksud dg print Title?

Kalian juga dpt mengatur baris dan kolom tertentu agar dpt selalu terletak otomatis walaupun berpindah halaman.Biasanya , yg selalu, Tercetak dlm tiap halaman ialah header dari table sehingga memudahkan pembacaan data hasil 1 cetak.

19.Bagaimana cara meng-copy data?

Ada 2 cara untuk melakukan copy dokumen, yaitu mengunakan paste dan paste link.

20.Apa yg dimaksud dg Protect?

Protect adalah untuk mengamankan dokumen dg mengunakan paswoord.

21.Bagaimana cara melakukan analisis data                       unplugged (tanpa komputer)?

 Proses pengumpulan dan pengorganisasian data.

22.Sebutkan beberapa aplikasi yg dpt digunakan               untuk mengolah data!

Formula yang umum digunakan dalam Microsoft Excel untuk mengolah data antara lain adalah:...2.lotus 123. ...3 abacus. ...4.gnumeric (anome office)...open office calc...5.google spreadsheet ...7.Kdpread...starcald (staroffice calc).

23.Kegiatan ap yg akan kalian lakukan terkait                   analisis data?

Kalian akan belajar untuk entry (merekam, meng-input, memasukkan) dataa hasil pengamatan atau data yang berasal dari sumber yang diberikan ke dalam format yang dapat diproses oleh komputer. Proses ini dapat dilakukan secara manual atau dengan memakai aplikasi lembar kerja. Kalau datanya banyak, tentunya lebih mudah jika memakai aplikasi lembar kerja Selanjutnya,data tersebut kalian olah untuk mendapatkan beberapa besaran statistik, kemudian kalian analisis untuk melakukan kesimpulan.

24.Bagaimana mengolah data menjadi sebuah                   informasi yh lebih berguna?

Analisis data dilakukan dengan mengorganisasikan data, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesis menyusun ke dalam pola memilih mana yang data, menjabarkan ke dalam unit- unit melakukan sintesis, menyusun ke dalam pola, memilih mana yang penting untuk dipelajari, dan membuat kesimpulan yang dapat diceritakan kepada orang lain.

25.Apa saja satuan ukuran data?

Kilobyte(KB), megabyte(MB), gigabyte(GB), terabte(TB), petabyte(PB), byte(B).

26.Bagaimana cara mengolah data dg baik & benar?

Pengumpulan data.Tahapan pertama dalam pengolahan data adalah pengumpulan data.


Demikian artikel saya ini tentang tugas menjawab tentang analisis data buku informatika bab 6 kelas 7 dan bertemu lagi dengan artikel yang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Saya